Senin, 05 Desember 2011

Kiat Sukses Menambah Hasil Telor Bebek



Peluang Bisnis Bebek Peking 

Usaha Budidaya Bebek Peking mulai banyak dilirik orang sebagai alternatif pemenuhan permintaan daging unggas di pasar. masa panen yang relatif cepat membuat budidaya bebek peking menjadi incaran banyak peternak. Dilain sisi pasokan bebek peking masih dikuasai oleh pemilik modal besar. Sesungguhnya bisnis budidaya bebek peking ini bisa dilakukan oleh kelompok usaha kecil ataupun usaha perorangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Yang terpenting adalah mengetahui pola budidaya bebek peking dengan baik.

Model Budidaya Bebek Peking

Budidaya bebek peking dapat dilakukan dalam beberapa model pemeliharaan. Model pemeliharaan bebek peking yang lazim dilakukan antara lain dengan sistim ekstensif, semi intensif dan pemeliharaan intensif.
Budidaya bebek peking dengan cara pemeliharaan ekstensif merupakan cara tradisional dimana bebek dipelihara dengan cara digembalakan tanpa memperhatikan kandang maupun makanan, karena ternak-ternak tersebut dilepas di tempat-tempat yang mempunyai sumber pakan alami misalnya didaerah-daerah pesawahan yang baru panen.
Pemeliharaan dengan system Semi Intesif, dimana ternak-ternak yang dipelihara sudah memperhatikan kandang ternak dan diberi makan tetapi sewaktu-waktu dilepas untuk mencari makan sewaktu ada peluang pada saat panen padi ataupun pada tempat-tempat yang mempunyai potensi sumber pakan yang alami.
Sedangkan Pemeliharaan yang Intensif, ternak-ternak peliharaan selalu ditempatkan dikandang dan diberi makan secara terus menerus serta sudah memperhatikan aspek-aspek teknis pemeliharaan ternak secara ilmiah dan sudah menggunakan teknologi-teknologi yang dianjurkan.
Cara budidaya bebek peking dengan sistem pemeliharaan intensif lebih sesuai dan memberikan peluang keuntunga yang lebih besar. Dengan budidaya bebek peking intensif dalam masa pemeliharaan kurang dari 2 (dua) bulan berat badannya sudah bisa mencapai diatas 3 kg dengan kondisi makanan yang baik dan Itik sudah siap dijual sebagai Itik Pedaging, dengan kualitas daging yang prima.

Budidaya Bebek Peking Untuk Penggemukan

Untuk Pemeliharaan Itik Peking/Peking Duck dengan tujuan penggemukan hanya dilaksanakan dalam 1 (satu) masa pemeliharaan yaitu dari Itik berumur 1 (satu) hari sampai Itik Peking tersebut siap dijual. Dengan makanan dan pemeliharaan yang baik, berat badan Itik Peking yaitu mencapai sekitar 3,3 kg selama pemeliharaan, kurang lebih 55- 60 hari yaitu mulai umur 1 hari sampai umur 55 hari.
Pada umumnya Itik-Itik yang dipelihara untuk tujuan ini adalah Itik Peking yang jantan, tetapi yang betinanyapun mempunyai kemampuan yang sama dengan yang jantan hanya berbeda sedikit saja dalam hal berat. Kalau kita bandingkan antara waktu pemeliharaan dengan hasil produksi daging yang dihasilkan antara Itik Peking/Peking Duck dengan Ayam Ras Pedaging akan lebih unggul Itik Peking, dimana untuk Itik Peking dengan waktu Pemeliharaan sekitar 53 –55 hari bisa menghasilkan daging berat hidup sekitar 3,3 kg, sedangkan untuk Ayam Ras pedaging dengan jangka waktu pemeliharaan sekitar 32- 35 hari menghasilkan daging berat hidup sekitar 1,2 – 1,5 kg,sehingga apabila kita bandingkan dengan waktu
yang sama maka akan diperoleh berat daging Itik Peking melebihi berat dari pada Ayam Ras Pedaging. (Galeriukm).

Pembuatan kandang

Lokasi kandang
Angin dapat masuk sehingga terjadi pertukaran udara, dan sinar matahari mudah masuk ke dalam kandang, tidak becek dan tanahnya padat/berpasir. Ditinggikan untuk memudahkan sistem pengeringan Jauh dari keramaian dan lalu lalang orang/kendaraan serta dekat sumber air.

Konstruksi kandang
Kandang itik dibuat sistem ren (hamburan), terdiri dari dua bagian, bagian muka digunakan untuk tempat bebek bermain, makan dan minum dengan ukuran 4 x 10 m, disekat menjadi 5 bagian dengan ukuran 2 x 4m, di sekelilingnya dibuat pagar setinggi 1 m. Bagian belakang digunakan untuk tempat itik tidur dan bertelur dengan ukuran 3 x 10 m, disekat menjadi 5 bagian dengan ukuran 2 x 3 m. Di atap dan didinding rapat, kecuali dinding bagian depan (menghadap ke tempat bermain) dibagi dua, bagian alas diberi jerajak sedangkan bagian bawah selinggi 50 cm ditutup rapat dan dibuat pintu. Lantai diberi serbuk gergaji/cincang kayu (sekam).

Bibit
Ciri umum bibit yang baik adalah mata cerah dan bersinar, sehat dan lincah, bulu bersih dan mengkilap, kaki kokoh, sayap tersusun rapi di badan, dan bentuk tubuh seperti botol.

Pemeliharaan

Bebek umur 4-5 bulan sebanyak 100 ekor, 10 ekor jantan dan 90 ekor betina, masing-masing petak diisi 20
ekor (2 jantan dan 18 betina)

Pemberian pakan
Formula pakan yang digunakan 4 : 4 :,  (dedak, jagung dan konsentrat), diberikan sebanyak 150 g/ekor/hari dalam bentuk bubur (dibasahi terlebih dahulu).

Peluang
Itik mulai bertelur umur 5 bulan, mencapai puncaknya pada umur 1 tahun setelah itu mulai mengalami gugur bulu. Diperkirakan pada pemeliharaan 2 tahun (730 hari) berproduksi sebanyak 70%.

Sekilas info
Itik yang sudah terbukti mempunyai laju pertumbuhan sangat cepat dan di Indonesia masih belum ada tandingannya untuk saat ini. Dengan pemeliharaan 2 bulan secara intensif, berat yang dapat dicapai sekitar 3 kg. 

Kami siap menyuplai kebutuhan konsumen, baik berupa telor maupun DOD :

Spesifikasi produk :
* Per bok isi max 75 ekor + 1 extra
* Jenis : itik peking asli ( putih)
* Harga dod peking KW 1 Rp 10.000/ ekor, KW 2 Rp 9.000/ ekor, 

   silangan ( peking vs lokal) Rp 6.500/ ekor
* Insyaallah bisa kirim ke seluruh Indonesia dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
* Harga belum termasuk biaya kirim
* Pemesanan minimal 150 ekor ( jawa) dan 300 ekor ( luar jawa)

Stock DOD itik peking ada setiap Senin atau silahkan hubungi kami! ! !

Pembayaran melalui rekening : 

Abdul Munir
> BCA No. 1130720150
> BRI No. 364801003338532
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di
> 081332737773 / 0321-3371500

Harga bisa berubah sewaktu waktu

1 komentar: